PENERAPAN METODE MIND MAPPING PLUS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BIDANG PENGEMBANGAN KOGNITIF SISWA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Sesuai dengan amanat UU No. 20 Th. 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional, agar Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bahwa orientasi visi pendidikan di Indonesia diantaranya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran.
Sebagai aplikasi dari peningkatan kualitas pembelajaran dibutuhkan kreatifitas baik dalam hal penyelenggaraan pendidikan ataupun pengembangannya. Pendidikan di Indonesia, penyelenggaraannya dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah sampai Pendidikan Tinggi. Salah satu wadah dalam Pendidikan Anak Usia Dini formal adalah Taman Kanak–Kanak (yang selanjutnya disingkat dengan TK).
Pembelajaran di TK meliputi lima bidang pengembangan, yaitu pembiasaan, bahasa, kognitif, fisik motorik dan seni. Berbagai alternatif bisa dipilih untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang pengembangan di TK. Namun dalam kompetensi bidang pengembangan kognitif siswa TK Kartika IV-5 masih relatif rendah, hal ini ditunjukkan dengan adanya hasil belajar di semester satu yang masih mencapai rata – rata bintang dua. Sementara hasil yang diharapkan adalah rata – rata bintang tiga.
Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di TK Kartika IV-5, ditemukan fakta bahwa pada setiap pembelajaran bidang pengembangan kognitif siswa cenderung mengalami kejenuhan yang ditunjukkan dengan adanya respon siswa yang rendah dalam pembelajaran. Hal ini juga ditunjukkan dengan kompetensi bidang pengembangan kognitif siswa yang masih tidak sesuai dengan yang diharapkan. Ada indikasi munculnya kejenuhan selama pembelajaran ini diantaranya dikarenakan strategi pembelajaran yang digunakan guru monoton, yaitu dengan menggunakan metode cerita, tanya jawab, media bernyanyi dan media gambar dinding seadanya. Untuk itu dibutuhkan desain dan strategi baru dalam pembelajaran bidang pengembangan kognitif.
Berdasarkan latar belakang di atas disepakati oleh tim peneliti untuk dilakukan PTK berupa pemberian tindakan melalui pembelajaran baru yang mengajak siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Alternatif yang dipilih adalah dengan mrnggunakan strategi berfikir Mind Map Plus. Desain pembelajaran ini merupakan hasil pengembangan Mind Map Tony Buzan. Dalam bukunya yang berjudul Mind Map untuk meningkatkan kreativitas dikatakan bahwa Mind Map merupakan sistem akses (remembering) dan pengambilan kembali (recalling) data/informasi yang ada di otak. Trik yang digunakan adalah dengan menfungsikan otak dengan cara imajinasi dan asosiasi. Karena Mind Mapping dilakukan dengan menggunakan garis, lambang, kata – kata serta gambar, maka kecocokan dengan dunia anak usia TK tidak diragukan lagi. 

Baca lanjutan....



=========================================================================
 
Beauty and the Beast Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template and web hosting